Problem – Problem Umum Pada Komputer Dan Tips Mengatasinya

Pada jaman sekarang, komputer adalah salah satu kebutuhan primer yang memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Setiap orang hampir seluruhnya memakai komputer untuk bermain game, bekerja, ataupun berinteraksi dengan orang lain. Laju dalam setiap penggunaan komputer, Anda pastinya dapat menemukan banyak masalah yang terjadi seiring berjalannya waktu serta pemakaian.

Berbagai masalah masalah tersebut merupakan permasalan umum yang bukan hanya dirasakan oleh Anda saja namun juga dapat dirasakan oleh orang lain yang juga menggunakan komputer. Tetapi, berbagai permasalahan sederhana tersebut bisa jadi sangat mengganggu pekerjaan Anda ataupun aktivitas Anda sehingga bisa merusak produktivitas. Berikut Lilitan permasalan umum yang biasanya dihadapi oleh komputer yang bisa saja terjadi sewaktu waktu beserta berbagai tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yuk kita simak ulasannya :

  1. Layar Biru

Jika Anda menghadapi layar yang tiba tiba berubah warna menjadi biru, ini merupakan salah satu kasus di mana microsoft Windows yang ada gunakan tiba tiba saja berhenti. Pada umumnya, kasus ini memperlihatkan terdapat permasalahan yang serius yang ada di dalam komputer Anda, baik itu datang dari software ataupun dari hardware yang ada di komputer tersebut. Biasanya, Anda perlu menggunakan kode tersendiri untuk mengetahui jenis error apakah yang terjadi di dalam komputer Anda. Cara yang paling mudah untuk mengatasi permasalan tersebut adalah melakukan ngerestart pada komputer Anda. Namun jika hal tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah, akan lebih baik jika Anda menulis ulang kode error kemudian mencarinya melalui Google.

  • DLL Error

Kasus yang satu ini merupakan kasus di mana komputer Anda mempunyai salah satu data yang korup. Kasus ini tentunya akan membuat Anda tidak mampu menjalankan berbagai aplikasi tertentu. Namun, Anda juga bisa menjalankan aplikasi lainnya walaupun terdapat tulisan DLL Yang hilang. Untuk seri mengatasinya, Anda bisa menggunakan fitur sistem file checker. Dengan melakukan scanning, Anda bisa mengetahui apa saja yang hilang dari fitur tersebut yang kemudian bisa Anda ganti atau Anda perbaiki.

  • Aplikasi berjalan dengan lambat

Tentunya banyak sekali hal yang akan mempengaruhi permasalan ini. Namun, untuk masalah yang paling ya itu karena komputer tidak mampu atau tidak kuat untuk mengolah memori serta kekuatan. Hal ini bisa jadi karena ukuran RAM yang terlalu kecil, hard drive yang posisinya belum, atau aplikasi yang terlalu berat seperti misalnya Google Chrome. Untuk cara mengatasinya, Anda tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apakah permasalahan yang dihadapi oleh komputer Anda. Jika memang permasalahannya datang dari RAM, Anda harus mencari RAM yang jauh lebih besar.

  • Malware

Kasus ini sama halnya seperti virus, namun tarafnya lebih berbahaya. Kasus ini dapat melukai ataupun menghentikan komputer beserta seluruh sistem di dalamnya. Jika terkena permasalahan  ini, Anda harus melakukan proses install ulang pada komputer Anda. Tetapi ada juga bisa melakukan pengunduhan file dari website untuk menggantikan file yang sudah terkena permasalahan tersebut. Untuk mengatasinya sendiri, Anda bisa menggunakan malware tools sebagai langkah pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *