Tips Komputer : Cara untuk Menghapus pagefile.sys

Tips Komputer – Windows 10 dapat menjadi sangat intensif sumber daya. Terkadang kapasitas yang disediakan oleh RAM fisik Anda (Random Access Memory) tidak cukup untuk menahan setiap program dan proses yang sedang berjalan.

Kerja cerdas Microsoft mengatasi masalah ini adalah melalui ‘berkas paging’ khusus yang disebut pagefile.sys. Ini akan menyimpan data apa pun yang tidak dapat dilakukan oleh RAM Anda. Meskipun pagefile.sys tidak mendekati efisien seperti RAM terbaik, itu mencegah sistem Anda terhempas ketika sumber daya mulai berkurang.

Secara default, Windows 10 dikonfigurasi untuk mengelola file paging secara otomatis – sebagian besar pengguna tidak akan tahu ada di sana, karena tersembunyi untuk menghindari gangguan. Jika Anda perlu mengosongkan ruang pada drive Anda atau meningkatkan efisiensi sistem lebih jauh lagi, Anda dapat mentransfer pagefile.sys ke disk eksternal atau menetapkan batas ukuran.

Dengan panduan ini, kami akan menunjukkan cara melihat pagefile.sys serta mengelolanya secara manual. Harap luangkan waktu untuk membaca saran kami tentang menghapus file (harap jangan hapus) dan pastikan untuk membuat cadangan PC sebelum Anda membuat perubahan apa pun.

Baca juga : Lakukan cara ini untuk menghindari komputer lemot

Apakah pagefile.sys aman untuk dihapus?
Ketika pagefile berisi informasi penting tentang status PC Anda dan menjalankan program, menghapusnya dapat menyebabkan sistem Anda menjadi tidak stabil. Meskipun membutuhkan banyak ruang pada hard drive Anda, pagefile diperlukan untuk kelancaran sistem Anda. Untuk alasan ini pagefile.sys disembunyikan secara default di Windows 10.

Jika Anda memilih untuk tidak mengindahkan peringatan kami dan bertekad untuk menghapus pagefile.sys, ikuti langkah-langkah untuk melihat file sistem terlindung di Windows 10.

Bagaimana cara menghapus pagefile.sys
Jika Anda yakin bahwa pagefile.sys Anda telah rusak atau menyebabkan masalah sistem lainnya, Anda dapat memilih untuk menghapusnya meskipun tidak disarankan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencari dan menghapus file. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda cara menjalankan cadangan sistem Windows 10 Anda dalam hal menghapus penyebab masalah lebih lanjut.

Tips Komputer 1. Lihat Berkas OS tersembunyi
Untuk menghapus pagefile.sys Anda harus terlebih dahulu dapat melihatnya.

Untuk memulai Anda harus terlebih dahulu dapat melihat pagefile.sys. Buka file explorer dan arahkan ke C: Drive.

Tekan Control + F1 untuk mengaktifkan menu pita. Klik pada ‘view’ dan kemudian ‘Options’. Menu drop down akan muncul.

Klik ‘Ubah folder dan opsi pencarian’. Di jendela baru yang muncul, klik tab ‘lihat’ dan kemudian hapus centang ‘Sembunyikan file sistem operasi yang dilindungi (Disarankan)’.

Selanjutnya, periksa tombol radio ‘Tampilkan file, folder, dan drive tersembunyi’, lalu klik ‘Terapkan’. Pagefile.sys sekarang akan terlihat.

Tips Komputer 2. Cadangkan file Anda
Tutup dan simpan file apa pun yang telah Anda buka. Jika Anda belum pernah mencadangkan file Anda sebelumnya, Anda dapat melakukannya menggunakan alat khusus Windows 10. Anda dapat menemukannya di bawah ‘Pengaturan’ dan ‘Pembaruan dan keamanan’.

Anda memerlukan hard disk eksternal khusus untuk menyimpan cadangan Anda. Pastikan bahwa kapasitasnya setidaknya sebesar drive di dalam mesin Anda

Tips Komputer 3. Hapus pagefile.sys
Klik kanan pada pagefile.sys dan pilih ‘Delete’. Jika pagefile Anda sangat besar, sistem mungkin harus menghapusnya segera tanpa mengirimnya ke Recycle Bin. Setelah file dihapus, restart PC Anda.

Bagaimana cara memindahkan pagefile.sys
Secara default. pagefile.sys berukuran sekitar 12GB. Namun, ini akan bervariasi tergantung pada berapa banyak sumber daya yang digunakan PC Anda dan jumlah RAM fisik yang dimilikinya.

Untuk menghemat ruang hard drive yang berharga, Anda dapat memindahkan pagefile.sys ke drive eksternal. Ini dapat meningkatkan kecepatan sistem Anda tergantung pada jenis disk, mis. kecepatan SSD dan akses mis. melalui USB 3.0. Drive mana pun yang Anda gunakan, pastikan itu diformat ke NTFS, yang dapat menangani ukuran file yang lebih besar.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *